Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PATUNG BATU CANDI GEDONG SONGO

Apakah Candi Gedong Songo mempunyai Patung Batu di dalamnya ? Kawasan Candi Gedong Songo ini terletak di sebelah Barat Laut Kota Semarang. Jaraknya kira-kira 30 Km dan ditempuh selama 45 menit dengan mobil pribadi. Lebih tepatnya lagi, candi ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Situs ini terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 meter dari permukaan air laut. Kondisi ini memberikan kesejukan udara di sekitarnya yang mempunyai suhu sekitar 19 sampai dengan 27 derajat Celcius. Seperti halnya dengan banyak situs-situs bersejarah yang lain, situs ini juga ditemukan pada saat pemerintahan Raffles pada tahun 1804. Candi ini peninggalan dari Wangsa Syailendra di abad ke-9.

Semua candi yang berada dalam kawasan ini terletak secara terpencar di dataran tinggi dengan pemandangan yang sangat indah. Kalau dari obyek wisata Bandungan, jaraknya hanya sekitar 5 Km dengan jalan yang terus mendaki.

Jangan khawatir kalau tidak mempunyai kendaraan pribadi. Kita bisa menemukan banyak kendaraan umum yang bisa mengantarkan kita ke lokasi Gedong Songo ini.

Dilihat dari namanya, Candi Gedong Songo, maka jumlah candinya menunjukkan angka sembilan. Dari bentuknya kita tahu bahwa candi ini termasuk salah satu candi hindu yang dipergunakan untuk tempat persembahyangan.

Kalau kita lihat dengan teliti, ternyata tidak ditemukan patung batu di dalam candi ini, yang ada hanyalah tumpukan-tumpukan batu dan sedikit relief di dalamnya.

Sanggar Patung Batu Muntilan : ANCIENT STONE
Marketing Office :
Semarang 1 : Jl. Sompok No. 43, Semarang
Semarang 2 : Jl. Banteng Raya No. 30, Semarang
Phone : 024-70702026
Mobile : 08112718622
www.PatungBatuMuntilan.BlogSpot.Com


1 komentar untuk "PATUNG BATU CANDI GEDONG SONGO"

  1. terimakasih imfonya kami sangat rinndu dengan budaya jawa kuno.......tq

    BalasHapus