Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEPUTAR PATUNG BATU



Patung Batu merupakan salah satu karya seni berbentuk tiga dimensi yang dihasilkan oleh seniman (pematung). Kerajinan ini merupakan salah satu keluarga kesenian yang termasuk dalam golongan Arca. Pembentukan arca ini dimaksudkan agar karya seninya bisa bertahan lama, oleh karena itu biasanya hasil seni ini terbuat dari benda yang keras dan tahan lama seperti logam dan batu.

Pada jaman dahulu, kehadiran patung ini diartikan sebagai simbol adanya Tuhan. Mereka memuja Tuhan dengan perantaraan patung ini. Pada jaman sekarang, walaupun tujuan pemujaan seperti dahulu masih tetap ada, tetapi kebanyakan sudah berpindah ke arah untuk memorial semata untuk mengenang jasa-jasa seseorang, misalnya patung proklamator di tugu proklamasi. Patung itu tidak ditujukan untuk menyembah para proklamator, melainkan hanya untuk memberikan ingatan kepada anak cucu kita yang tidak sempat melihat siapa sebenarnya yang menyatakan proklamasi negara kita.

Banyak media yang bisa dipergunakan untuk membuat patung. Ada yang harganya murah dan ada pula yang harganya sangat mahal. Untuk patung yang harganya murah misalnya dibuat dari bahan baku keramik dan kayu. Sedangkan yang harganya mahal bisa terbuat dari batu atau bahkan logam emas.

Untuk menghasilkan karya patung yang mempunyai nilai seni yang tinggi pada setiap media yang dihasilkannya memerlukan alat khusus yang berbeda antara media yang satu dengan media yang lain. Alat yang diperlukan ini tentu saja disesuaikan dengan karakter media patung yang sudah kita tentukan.

Mengenai siapa yang pertama kali menciptakan patung, tidak bisa diperoleh jawaban yang pasti. Yang jelas, sudah sejak jaman dahulu kala. Coba lihat
"patung batu" yang ada di Candi Borobudur. Berarti patung itu sudah ada sejak dahulu kala.

Sanggar Patung Batu Muntilan : ANCIENT STONE
Marketing Office :
Semarang 1 : Jl. Sompok No. 43, Semarang
Semarang 2 : Jl. Banteng Raya No. 30, Semarang
Phone : 024-70702026
Mobile : 08112718622
www.PatungBatuMuntilan.BlogSpot.Com

Posting Komentar untuk "SEPUTAR PATUNG BATU"